Friday 8 May 2015

Manfaat Istimewa Dari Daun Turi Untuk Kesehatan

Manfaat istimewa dari daun turi untuk kesehatan. Turi dengan nama latin Sesbania grandiflora adalah tanaman dengan sejuta kegunaan. Penelitia menyebutkan bahwa turi berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan., tapi sekarang sudah tersebar di darah tropis di dunia.  Turi merupakan pohon kecil keluarga Fabaceae yang tersebar di India Timur sampai Australia. Di Indonesia, pohonnya sering kita jumpai di sawah-sawah atau tanaman hias di halaman rumah. Turi memiliki daun penumpu sepanjang 0,5 sampai 1 cm dengan daun majemuk dan juga tersebar. Panjang daun sekitar 20 sampai 30 cm. Anak daunnya memanjang, menyirip genap dan rata. Dari cerita tentang daun turi diatas, apakah anda tau tntang manfaatnya? Berikut manfaat istimewa dari daun turi untuk kesehatan.

Manfaat Istimewa Dari Daun Turi Untuk Kesehatan
pohon turi


  • Penambah ASI

Ambil daun turi muda secukupnya, kukuslah kemudian makan, akan lebih nikmat jika dijadikan lalapan. 

  • Obat batuk

Siapkan daun turi merah dan daun inggu masing-masing 1 genggam kemudian tumbuk sampai halus, kemudian tambahkan air perasan jeruk pecel. Aduk, lalu peras dan saring, jadi deh, sudah siap diminum.

  • Demam nifas

Giling 1/3 genggam daun yang telah dibersihkan, kemudian tambahkan 3/4 gelas air dan sedikit garam. lalu peras dan saring, jadi deh, sudah siap diminum.

  • Keputihan

Ambil segenggam daun turi putih dan kunyit sebesar ibu jari dicuci kemudian giling sampai halus. Tambahkan 3/4 gelas air minum, lalu peras dan saring ramuan sudahjadi. Untuk hasil maksimal minum 2 kali sehari.

  • Radang tenggorokan

Rebus segenggam daun turi merah dengan air bersih secukupnya,kemudian saring. jika sudah dingin, gunakan air rebusan untuk berkumur. Untuk hasil maksimal lakukan kumuran 4 kali sehari.

  • Sariawan & sakit tenggorokan

Ambil daun secukupnya, cuci bersih lalu diremas-remas dalam wadah yang sudah diberi air matang. Gunakan air ramuan ini untuk berkumur.


 
Copyright © . Ali Ghozali - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger