Sunday 29 March 2015

Manfaat Tersembunyi dari Kulit Rambutan

Manfaat Tersembunyi dari Kulit Rambutan. Rambutan adalah nama buah yang pastinya sudah tidak asing lagi. Buah rambutan merupakan salah satu buah tropis yang bisa kita temui dengan mudah. Disaat sedang musim, harga nya pun juga tidak mahal. Bahkan, untuk yang memiliki pohonnya sendiri, kita dapat memetik sendiri di kebun. Rambutan memang terdiri dari berbagai macam. Semuanya sudah teruji memberikan dampak yang baik bagi kesehatan kita, Terus bagaimana dengan kulit rambutan? dan apa saja Manfaat dari Kulit Rambutan?

Manfaat Tersembunyi dari Kulit Rambutan
Manfaat Tersembunyi dari Kulit Rambutan

Kulit rambutan juga berguna bagi kita, terutama untuk mengobati beberapa penyakit. Selama ini kebanyakan dari kita hanya membuang kulit rambutan setelah memakan buahnya. Kini, kita dapat memanfaatkan kulit rambutan untuk dijadikan obat beberapa obat.

  • Mengobati Demam

Tidak banyak orang tau bahwa demam bisa diobati dengan kulit rambutan yang biasanya kita buang. Kita dapat menyiapkan kulit rambutan yang sudah kering sebanyak 15 gram. Lalu, kita dapat rebus kulit rambutan tersebut sampai mendidih, kira-kira selama 15 menit. Kita biarkan rebusan kulit rambutan tersebut, hingga menjadi dingin terlebih dahulu. Setelah dingin, kita dapat menyaringnya. Kita dapat minum rebusan kulit rambutan yang sudah kita saring tersebut, tiga kali sehari. Sekali minum, kita cuma perlu minum seperempat gelas saja.

  • Mengobati Disentri

Kulit rambutan ternyata juga dapat digunakan sebagai obat disentri yang mujarab. Kita dapat ambil sepuluh buah rambutan. Kita dapat makan dulu buahnya dan cuci bersih kulitnya.  Kemudian, kita keringkan kulit rambutan tersebut. Setelah kering, kita dapat memotong kulit rambutan tersebut hingga menjadi beberapa bagian. Lalu, kita dapat rebus kulit rambutan tersebut. Tunggu rebusan itu hingga jumlah air yang ada di dalamnya berkurang, sampai tersisa seperempat nya saja. Kita dapat menggunakan air bersih sebanyak tiga gelas. Setelah airnya sudah berkurang menjadi seperempat, lalu dapat kita saring, dan biarkan hingga menjadi dingin. Setelah dingin, kita dapat minum air kulit rambutan tersebut, tiga kali sehari. Sekali minum, kita cuma perlu minum seperempat gelas saja.

  • Mengeluarkan Kolestrol Darah

Kulit rambutan memiliki senyawa berkhasiat yang di sebut dengan nama saponin. Senyawa ini merupakan senyawa yang berasal dari metabolit sekunder yang terdapat dari tumbuhan. Tidak banyak orang yang tahu jika senyawa ini sangat bermanfaat dalam mengikat kolesterol dalam darah. Kalau kita meminum ramuan dari kulit rambutan, maka kolesterol dalam darah kita akan dapat diikat dan ikut terbawa keluar dari dalam tubuh.

  • Mengobati Diare

Jika kita kebanyakan makan buah rambutan, biasanya kita akan mengalami sakit mencret atau diare. Tapi, tidak banyak orang yang tau bahwa penangkal atau obat dari penyakit diare itu justru ada pada kulit rambutan itu sendiri. Pada kulit rambutan, ada senyawa yang disebut dengan nama tannin. Tanin adalah senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan dan juga sebagai antibakteri terhadap penyakit diare. Jadi, jika kita mengalami sakit diare sesudah terlalu banyak makan buah rambutan, kita dapat menggunakan kulitnya sebagai obat yang mujarab.

Mungkin ini  hanya sedikit artikel dari admin mengenai Manfaat Tersembunyi dari Kulit Rambutan. Semoga artikel ini dapat berguna bagi pembaaca. Sekian
 
Copyright © . Ali Ghozali - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger