Monday 27 April 2015

6 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Batu Ginjal di Tubuh

6 makanan yang dapat menyebabkan batu ginjal di tubuh. Ginjal berperan penting dalam menyaring dan mengeluarkan sampah dari tubuh. Setiap hari, ginjal menyaring lebih dari 200 liter darah dan 2 liter sampah yang keluar dari tubuh dalam bentuk urine. Ada beberapa jenis makanan tertentu yang dapat menyebabkan batu ginjal yang nantinya dapat menurunkan fungsi ginjal. Berikut 6 makanan yang dapat menyebabkan batu ginjal di tubuh.

6 makanan yang dapat menyebabkan batu ginjal di tubuh
makanan penyebab batu ginjal

1. Kafein

Konsumsi kafein yang berlebihan dapat mengarahkan pada pengembangan batu ginjal karena kadar kalsium yang tinggi dalam urine. kafein memicu gagal ginjal karena ada stimulan yang dapat membuat organ kelelahan. Biasanya kafein terdapat pada kopi dan teh.

2. Pemanis buatan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemanis non-kalori dapat merusak fungsi ginjal. Alangkah baiknya  memilih pemanis alami seperti madu.

3. Daging

Protein hewani dapat mendorong pembentukan batu ginjal dan juga kerusakan ginjal. Karena makanan tinggi protein menyebabkan sampah protein dalam tubuh sulit untuk dibuang. 

4. Sarden

Jika Anda rentan terhadap batu ginjal, sebaiknya Anda membatasi senyawa organik yang dapat meningkatkan aroma. Karena sarden itu tinggi purin, alangkah baiknya anda jangan mengkonsumsi secara berkepanjangan.

5. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi  akan meningkatkan risiko batu ginjal dan juga beresiko timbulnya penyakit ginjal. 

6. Produk susu

Produk susu tinggi kalsium baik untuk membangun tulang yang kuat. Tapi untuk mereka yang rentan terhadap batu ginjal. Penelitian menyebutkan bahwa kalsium dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam urine, yang pada akirnya sampah pada tubuh lebih sulit untuk dibuang sehingga mengakibatkan terbentuknya batu ginjal.

Inilah sedikit artikel dari admin mengenai 6 makanan yang dapat menyebabkan batu ginjal di tubuh. Baca juga artikel dari admin mengenai MANFAAT DAGING DAN LENDIR BEKICOT UNTUK KESEHATAN.

 
Copyright © . Ali Ghozali - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger