Wednesday, 21 January 2015

7 TRANSPORTASI DARAT INDONESIA YANG MASIH EKSIS

7 TRANSPORTASI DARAT INDONESIA YANG MASIH EKSIS. Zaman Modern saat ini, Semakin banyak ditemui berbagai transportasi Canggih di berbagai negara. Hal ini dilakukan supaya masyarakat-nya nyaman menggunakan transportasi umum. 

Di indonesia pun demikian, Namun di indonesia, masih sangat ketinggalan di bandingkan negara-negara dunia lain yang telah canggih transportasi-nya. Meskipun demikian, Indonesia memiliki keistimewaan, sebab transportasi umum indonesia masih tradisional dan langka,berikut 10 Transportasi  Darat di Indonesia yang Masih Eksis:

1.   DELMAN

7 TRANSPORTASI DARAT INDONESIA YANG MASIH EKSIS
delman
Transportasi ini menggunakan Kuda sebagai penggeraknya, Nama kendaraan ini diambill dari nama penemunya, dialah Charles Theodore Deeleman, seorang litografer dan insinyur di zaman Hindia Belanda. 

Orang Belanda menamait kendaraan ini dengan nama dos-à-dos, yaitu sejenis kereta yang posisi duduk penumpangnya saling memunggungi.

Istilah dos-à-dos ini kemudian oleh penduduk pribumi Batavia disingkat lagi menjadi 'sado', Di propinsi indonesia lainnya, Delman mempunyai nama seperti Andong, yang mempunyai roda empat. Di Jakarta, andong sering disebut sebagai ebro yang diambil dari singkatan Eerste Bataviasche Rijtuig Onderneming yang berarti Perusahaan Kereta Pertama di Jakarta.

2.     BECAK
7 TRANSPORTASI DARAT INDONESIA YANG MASIH EKSIS
becak

Becak adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia . Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi.

3.   BENTOR
7 TRANSPORTASI DARAT INDONESIA YANG MASIH EKSIS
bentor
Bentor adalah kendaraan khas masyarakat Gorontalo. Bentor adalah becak yang di beri sepeda motor di bagian belakangnya. Jenis motor yang digunakan adalah motor bebek. Bentor telah beroperasi secara ilegal di Makasar, Kotamobago, Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, serta Luwuk di Sulawesi Tengah.

Bentor disenangi oleh masyarakat karena bisa sampai di tujuan dalam waktu yang singkat serta dapat dimuati oleh 2 orang tetapi sering juga terjadi diisi 3 orang bahkan sampai 5 orang dengan dua penumpang membonceng di belakang pengemudi.

4.    ANGKOT 
7 TRANSPORTASI DARAT INDONESIA YANG MASIH EKSIS
angkot
Angkutan kota atau yang lebih dikenal dengan ANGKOT adalah sebuah moda transportasi perkotaandengan rute yang sudah ditentukan. Tidak seperti bus yang mempunyai halte untuk tempat perhentian yang sudah ditentukan, angkutan kota bisa berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja.

 5.   OJEG 

7 TRANSPORTASI DARAT INDONESIA YANG MASIH EKSIS
ojeg
Ojeg adalah transportasi umum yang ada di seluruh Indonesia yang berupa sepeda motor namun lebih lazim berupa sepeda motor.  Penumpang biasanya satu orang tapiakan terkadang bisa berdua. Dengan cara tawar menawar harga dengan abang ojeg terlebih dahulu setelah itu abang ojeg akan mengantar ke tujuan yang diinginkan penumpangnya. 

6.    PEDATI
7 TRANSPORTASI DARAT INDONESIA YANG MASIH EKSIS
pedati
Pedati adalah sebuah kendaraan atau alat yang memiliki dua atau empat buah roda yang digunakan sebagai sarana transportasi mengangkut orang, atau mengangkut barang-barang. Pedati bisa ditarik oleh hewan seperti kuda,atau sapi. Pedati umumnya ada di wilayah pedesaan indonesia.

7.    DOKAR 

7 TRANSPORTASI DARAT INDONESIA YANG MASIH EKSIS
dokar
Dokar  merupakan salah satu alat transportasi tradisional. Dokar tidak sama dengan andong. Dokar hanya mempunyai dua roda dan ditarik dengan satu kuda, sedangkan andong mempunyai roda empat yang bisa ditarik satu atau dua kuda.

 Keberadaan dokar menjadi salah satu warisan budaya Jawa memberikan ciri khas tersendiri di tempat-tempat wisata, seperti Parangtritis, Alun-alun Kidul Yogyakarta Indonesia dan Malioboro yogya.




 
Copyright © . Ali Ghozali - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger